Jumat, 15 April 2011

Sumberdaya Zirkon Provinsi Kalimantan Tengah

Sumberdaya Zirkon Provinsi Kalimantan Tengah
Zirkon atau yang juga sering ditulis dengan Zircon atau Pasir Zircon adalah mineral yang menurut Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2010 digolongkan kedalam mineral non logam, tetapi unsur Zr (Zirconium) dikelompokkan kedalam golongan mineral logam. 

Apabila mineral ini diolah secara kimiawi menjadi ZrO2 + SiO2 maka ZrO2 yang diperoleh disebut Zirconia, menurut Peraturan Pemerintah Zirconia berubah menjadi mineral Logam karena unsur Zr nya menjadi lebih tinggi. 

Zircon di Kalimantan Tengah terbentuk bersama-sama dengan batuan beku seri kalk alkali - alkali (granit, grano diorit dan monzonit). Apabila batuan tersebut lapuk maka mineral-mineralnya akan lepas dan terbentuklah pasir zircon yang karena adanya proses transportasi terjadi pengkayaan di beberapa tempat-tempat tertentu.

Warna pasir zircon dapat bermacam-macam dapat putih bening hingga kuning, kehijauan, coklat kemerahan, kuning kecoklatan dan gelap. Warna – warna zircon tersebut dipengaruhi oleh unsur-unsur yang dikandungnya seperti besi, mangaan, kalsium, sodium dll. 

Sistem kristalnya monoklin, prismatik, dipiramida dan ditetragonal dengan kilap lilin sampai logam, belahan sempurna sampai tidak beraturan. Kekerasan pasir zircon berdasarkan skala mohs berkisar antara 6,5 - 7,5, berat jenis berkisar antara 4,6 - 5,8 dan titik leburnya 2.500° C.

Kegunaan zircon, zirconia dan zirconium antara lain untuk selongsong reakator nuklir, sebagai bahan pelapis keramik mutu tinggi, refractory, catalysis, komponen electronic, permata dll.

Pasir zircon di Kalimantan Tengah dijumpai di Kabupaten Sukamara, Kotawaringin Barat, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Kota Palangka Raya, Gunung Mas, Kapuas dan Pulang Pisau.

Secara geologi endapan pasir zircon dijumpai di formasi dahor dan aluvium. Lokasi-lokasi yang biasanya mengandung endapan pasir zircon tinggi adalah yang berada di dasar atau kanan/kiri sungai atau anak2 sungai berupa endapan channel atau teras sungai.

12 komentar:

dicari pemilik tambang pasir zircon yang bersedia kerja sama supply hasil tambang pasir zircon nya untuk dibeli dengan harga sesuai pasar. hubungi hp. 082245552719 pada jam kerja. terima kasih

Berapa banyak butuhnya pak,kemukinan bisa diusahakan 085377098889

Berapa banyak butuhnya pak,kemukinan bisa diusahakan 085377098889

berapa sebulan diperlukan pak

yanto sandurian seruyan
berapa diperlukan sebulan pak?
085249854298

yanto sandurian seruyan
berapa diperlukan sebulan pak?
085249854298

Berapa/kg harganya klu smp jakarta.?

Jika masih ada yg perlu mitra usaha hasil tambang Zikon hubungi kami 081346563998,kami siap bekerja sama asalkan saling menguntungkan, Palangka raya kotim ampalit.

Apakah masih ada bapak meminta kami untk menyuplay hsil tambang zircon? Dari katingan hilir.

Siap menyuplai pasir zircon dengan kualitas terbaik
Wa 085280701019

Posting Komentar